KPU Serahkan 272 Kontainer Berkas Jawaban Gugatan PHPU 02 ke MK

Ketua KPU Arief Budiman menyerahkan 272 kontainer berkas jawaban gugatan sengketa Pilpres 2019 ke MK. (Foto: Twitter)

Jakarta, Dekannews- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (12/6/2019), menyerahkan berkas jawaban atas sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 yang diajukan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi, ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Gugatan itu diajukan karena pasangan nomor urut 02 menilai penyelenggaraan Pilpres 2019 sarat kecurangan yang dilakukan secara terstruktur, sistemasif dan masif (TSM) demi kemenangan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, dan meminta agar pasangan dengan Capres petahana itu didiskualufikasi karena melanggar UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"KPU menyerahkan 272 kontainer berkas jawaban sengketa PHPU 2019 ke Mahkamah Konstitusi, Rabu (12/06). Sidang perdana PHPU Pilpres diselenggarakan Jumat 14 Juni 2019," kata a@KPU_ID.

Hingga berita ini ditayangkan, hanya itu yang diinformasikan KPU, dengan dilengkapi beberapa foto saat proses penyerahan berkas dilakukan.

Dari foto tersebut diketahui kalau penyerahan berkas jawaban dipimpin Ketua KPU Arief Budiman.

Namun sebelumnya, kepada media, Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan, berkas-berkas tersebut berkaitan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu, seperti data pemilih, Situng, hingga logistik.


Ke-272 kontainer berkas itu, kata dia, berasal dari KPUD di 34 provinsi, dimana setiap provinsi mengirimkan delapan kontainer.

"Ini menunjukkan keseriusan KPU dalam mempersiapkan dan menghadapi gugatan PHPU Pilpres 2019 di MK," katanya.

Berkas-berkas jawaban itu akan dipertimbangkan MK sebagai dasar untuk membuat putusan sela yang akan dibacakan pada sidang perdana 14 April lusa.

Jika putusan sela menyatakan gugatan 02 dapat dilanjutkan, maka pada 17-24 Juni MK melakukan sidang dengan agenda pemeriksaan pembuktian.

Jika putusan sela menyatakan menolak gugatan 02, maka sidang tidak diteruskan.

Jika sidang lanjut, pada 28 Juni MK akan membacakan putusan. (rhm)