Kompetisi Pembuka Musim ARCA 2021, Toni Breidinger Menjadi Pembalap Wanita Pertama Di Daytona

Toni Breidinger.[ist]

Jakarta, Dekannews - Wajah baru dalam debut kompetisi pembuka musim ARCA 2021 Daytona International Speedway di  Florida pada musim ini akan menorehkan sejarah. Lantaran, Toni Breidinger menjadi pembalap wanita pertama keturunan Arab - Amerika yang berpartisipasi dalam seri nasional NASCAR mana pun.

Melansir nbcnews.com, perempuan berusia 21 yang hanya mengendarai go-kart itu tidak akan percaya jika mimpinya menjadi kenyataan menjadi pembalap Daytona. “Saya sangat menantikan balapan Daytona,” ucap Toni Breidinger, Minggu (14/2/2021).

Breidinger adalah bagian dari program Drive for Diversity NASCAR, sebuah inisiatif yang menciptakan tim balap yang lebih inklusif.  Program ini telah menciptakan banyak peluang bagi orang lain, termasuk menjadikan Brehanna Daniels NASCAR sebagai wanita kulit hitam pertama yang memegang peranan penting dalam sirkuit.
 Toni Breidinger, 21, mulai berkompetisi Sabtu dengan pembuka musim ARCA 2021 di Daytona International Speedway di Daytona, Florida.  Musim ini, dia akan berkompetisi di ARCA Menards Series dan NASCAR Camping World Truck Series, mengendarai Chevrolet SS dan Chevrolet Silverado.
“Merupakan salah satu impian saya untuk memiliki kesempatan balapan di sana dan untuk mewujudkan impian itu sama sekali tidak nyata.”  katanya.

Menurut sebuah wawancara dengan Paper Magazine. Breidinger telah mengebut di trek sejak dia baru berusia 9 tahun, ketika dia dan saudara kembarnya akan balapan go-kart. “Daytona akan menjadi balapan terbesar dalam karir saya, tapi saya siap untuk itu,” kata Breidinger sebelum debutnya.

Untuk diketahui, dalam balapannya Sabtu kemarin, Breidinger selamat dari kecelakaan multi-mobil di lap 29 dan naik ke 20 besar. Setelah kecelakaan itu, lalu naik peringkat ke posisi 12 dan kemudian kembali ke 14, lalu ke 11, dengan 50 lap.  Sempat turun ke posisi 30.  Dengan 20 lap tersisa, dia berada di posisi ke-17, dan akhirnya finis di posisi ke-18, dalam balapan yang menuju perpanjangan waktu.

Breidinger dibesarkan di Hillsborough, California, sudah menjadi pembalap ulung.  Pada tahun 2018, ia berkompetisi dalam tiga balapan ARCA dan finis di urutan ke-10, karir terbaik, di Madison International Speedway.  Dia juga 19 kali menjadi pemenang Klub Otomotif Amerika Serikat, menjadikannya satu-satunya wanita dengan banyak kemenangan.
 (Nbc/can/kir).