Kolaborasi Bank DKI dan Pasar Jaya Bina UMKM

Jakarta Ciy of Colaboration, Jalan Thamrin 10, Jakarta Pusat. [Dekannews/kirman]

Jakarta, Dekannews – Anda tentu tahu sepanjang Jalan Sudirman Jakarta Pusat, di samping kanan dan kiri diisi gedung bertingkat. Pemandangan tersebut dilengkapi dengan kemacetan pada hari-hari kerja. 

Ternyata, di kawasan itu ada setitik area yang tidak dijadikan bangunan pencakar langit tapi pusat kuliner! Bagi para karyawan yang bekerja tak jauh dari kawasan Sabang, Jakarta Pusat, tentu mengetahui pusat kuliner di sebuah gang di sana, The Jakarta of Colaboration menjadi pilihan lainnya untuk menikmati kuliner dan melepas lelah.

“Area ini merupakan kolaborasi antara Bank DKI dan Pasar Jaya membina UMKM,” buka Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah, kepada dekannews, Senin (5/4/2021), di Jakarta.

Menurut Amir, ada sekitar lima puluhan pengusaha kuliner UMKM mengisi area kuliner yang berkonsep tempat makan, istirahat dan menikmati musik di taman. “Area ini luasnya hampir satu hektar,” ujar Amir.

Fasilitas pun, kata Amir, terbilang lengkap seperti toilet dan mushola. “Cuma satu, karena area berkawasan taman jadi tidak ada tempat parkir di dalam area bagi pengunjung,” ujar Amir.

Transaksi Non Tunai

Semetara itu, di tempat terpisah, menurut Secretary Corporate Bank DKI Heri Djufraini, dalam setiap transaksi tidak dilakukan secara tunai tapi menggunakan uang plastik. “Sekarang ini kita mengembangkan pembayaran non tunai, tapi menggunakan Jakcard,” kata Heri.

Menurut Heri, sistem yang dipasangkan untuk bertransaksi semua dibangun Bank DKI. “Jadi konsumen bisa menggunakan Jakcard atau kartu pembayaran dari bank lain yang berkerjasama dengan Bank DKI,” ujar Heri lagi.

Setidaknya ada lima bank yang bekerja sama dengan Bank DKI yaitu BRI, BCA, BNI dan Mandiri. (Kir)