Ketua Panitia Pernikahan Anak Habib Rizieq Diperiksa 12 Jam

Haris Ubaidillah memberi keterangan kepada pers. (Foto: Ist)

Jakarta, Dekannews- Polda Metro Jaya memeriksa Haris Ubaidillah, ketua panitia acara pernikahan putri Habib Rizieq Shihab (HRS) hingga 12 jam, dimulai pada Rabu (18/11/2020) pukul 10:30 WIB hingga pukul 00:00 WIB. 

"Ada 37 pertanyaan (yang diajukan penyidik selama pemeeiksaan)," kata Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar saat dihubungi, Kamis (19/11/2020).

Materi pertanyaan seputar acara pernikahan tersebut dimana Haris menjadi penanggung jawabnya, mulai dari susunan panitia acara, pengurusan izin acara, hingga bagaimana protokol kesehatan diterapkan dalam acara tersebut.

Sebelumnya, Polda telah memeriksa sejumlah pihak terkait, di antaranya Gubernur Anies Baswedan, Lurah Petamburan dan Camat Tanah Abang, tak hanya terkait acara pernikahan tersebut, tapi juga acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Front Pembela Islam (FPI) di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, karena menciptakan kerumunan dan dianggap melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Penanganan kasus ini didasari laporan yang diregistrasi Polda dengan nomor LI/279/XI/2020/PMJ/Ditreskrimum tanggal 15 November 2020, dimana dalam laporan tersebut dikatakan bahwa penyelenggaraan pernikahan HRS dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan FPI melanggar UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. 

Polda menargetkan dalam waktu dekat telah dapat melakukan gelar perkara terkait peristiwa ini guna menentukan apakah ada unsur pidana atau tidak.

"Mudah-mudahan secepatnya kita jadwalkan 2-3 hari ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan.(rhm)