Kasus Kerumunan Petamburan, Polda Panggil Habib Rizieq

Habib Rizieq Shihab menemui massa yang menjemputnya di Bandara Soekarno-Hatta pada 10 November 2020. (Foto: Int)

Jakarta, Dekannews- Aparat Polda Metro Jaya, Jumat (27/11/2020) malam mendatangi kediaman Habib Rizieq Shihab (HRS) di Jalan Petamburan III, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, untuk menyerahkan surat panggilan pemeriksaan.

Kedatangan polisi ke rumah HRS diketahui dari akun DPP FPI yang baru, @Kabar_FPI, setelah akun lamanya tumbang akibat disuspend Twitter.

"Mohon do'a dari semuanya... Saat ini polisi mendatangi rumah Imam Besar Habib Rizieq Syihab untuk memberikan surat panggilan pemeriksaan. Semoga Allah menggagalkan semua niat buruk yang ditujukan kepada beliau. Aamiin," kata akun itu pada pukul 21:41 WiB.

Seperti diketahui, Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah menaikkan status penanganan perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan pada kerumunan yang terjadi di Petamburan, Jakarta Pusat, dari penyelidikan ke penyidikan.

Kerumunan pada 14 November 2020 itu terjadi karena FPI menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HRS menikahkan putri bungsunya. 

Penaikkan kasus dari penyelidikan ke penyidikan dilakukan setelah Ditreskrimum Polda Metro Jaya melakukan gelar perkara pada Kamis (26/11/2020).

Kerumunan itu menjadi urusan polisi berdasarkan laporan informasi atau laporan polisi berdasarkan pengamatan di lapangan, pada 15 November 2020 dan diregistrasi Polda dengan nomor LI/279/XI/2020/PMJ/Ditreskrimum dengan sangkaan melanggar protokol kesehatan dan melanggar pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. (rhm)