Kapolri Diminta Tak Khawatirkan Aksi Kawal Sidang MK

Asep Syarifuddin. (Foto: Dekan)

Jakarta,  Dekannews- Wakil Koordinator Lapangan Halal Bihalal, Tahlil Akbar 266 dan Kawal Sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Asep Syarifuddin,  meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk tidak terlalu khawatir dengan acara yang diselenggarakan pihaknya,  karena diselenggarakan dengan damai,  tanpa kekerasan. 

Aksi ini telah berlangsung sejak Selasa (25/6/2019) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dimana gedung MK berada, dan akan berlanjut hingga Kamis (27/6/2019) besok. 

"Rakyat datang ke sini untuk melakukan aksi damai, karena rakyat ingin berartisipasi mengawal jalannya sidang MK. Rakyat ingin menyaksikan sebuah proses yang bersejarah, " katanya di sela-sela aksi,  Rabu (26/6/2019). 

Meski demikian Plt Ketua Umum Persaudaraan 212 ini mengakui, dengan menggelar aksi ini pihaknya ingin mendorong MK untuk membuat putusan yang profesional,  memenuhi unsur keadilan dan tidak mentolerir kecurangan,  karena pemimpin yang dihasilkan dari proses yang curang dan manipulatif tidak mendapat legitimasi rakyat dan pemerintahannya tidak akan bejalan efektif. 

"Lagipula setiap warga negara berhak menyampaikan pendapat asalkan tidak membuat onar.  Jadi,  aksi ini jangan disalahpahami. Kami melakukan aksi,  aparat mengamankan. Kapolri tak usah khawatir berlebihan karena aksi kami damai sampai MK membacakan putusan," katanya. 

Ketika ditanya apa yang akan dilakukan jika putusan MK tidak sesuai harapan karena menolak gugatan pasangan 02 Prabowo-Sandi? Asep mengatakan akan mengkajinya lagi. 

Seperti diketahui,  pada 24 Mei 2019 pasangan 02 mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke MK karena menuding telah terjadi kecurangan secara terstruktur,  sistematis dan masif (TSM) pada penyelenggaraan Pilpres 2019 demi kemenangan pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Sidang perdana gugatan itu dilakukan pada 14 Juni dan sidang terakhir pada 21 Juni.  MK akan membacakan putusan atas gugatan itu pada Kamis (27/6/2019) besok. (rhm)