Kapal Terbalik di Budapest, 28 Turis Korsel Jadi Korban

Pencarian boat yang tenggelam di Sungai Danube. (Foto: sfgate)

Budapest, Dekannews- Tujuh orang tewas dan 21 lainnya dinyatakan hilang setelah sebuah kapal yang membawa turis Korea Selatan tenggelam di sebuah sungai di Danube, Budapest, Hongaria.

"Kapal itu tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal penumpang mewah yang jauh lebih besar," demikian dilansir Reuters, Kamis (30/5/2019).

Saat kejadian, pada Rabu (29/5/2019) waktu setempat, cuaca sedang dilanda hujan badai. Lokasi kejadian berada di dekat gedung parlemen. Total jumlah wisatawan Korsel di kapal nahas itu saat kejadian, sebanyak 30 orang. 

Penyebab tabrakan sedang diselidiki.

"Saya tidak cenderung mengatakan tidak ada harapan, jadi saya lebih suka mengatakan ada kesempatan minimal (untuk menemukan korban)," kata Pal Gyorfi, juru bicara layanan ambulans nasional Hongaria, kepada stasiun televisi m1, stasiun televisi negara Hongaria.

Ia menegaskan, hal ini disebabkan bukan hanya karena suhu air, tapi juga arus sungai yang kuat, uap di atas permukaan air, dan pakaian yang dikenakan oleh orang-orang yang hilang.

Polisi mengatakan kapal yang lebih kecil berbalik miring dan tenggelam dalam beberapa detik setelah tabrakan di bawah jembatan.

Mereka mengatakan, penyelidikan sedang dilakukan dengan melibatkan para ahli untuk menentukan penyebab kecelakaan itu.

Mereka mengatakan panggilan pertolongan pertama datang 10 menit setelah kecelakaan itu terjadi.

Mereka membantah bawa kapal yang lebih besar, yakni Viking Sigyn 135 meter, sempat mengirim sinyal bantuan. (man)