Kantor Disdik Kota Bekasi Kebakaran, Bang Pepen: Lapor Polisi Agar Teridentifikasi

Kebakaran - Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi kebakaran pada Jum'at (29/1/2021), dini hari. Si jago merah melahap lantai I hingga lantai 3. Delapan unit mobil pemadam dikerahkan. [istimewa]

Kota Bekasi, Dekannews - Kebakaran terjadi di Gedung Dinas Pendidikan yang terletak di Jalan Lapangan Tengah, Margahayu, Kota Bekasi, Jumat, 29 Januari 2021, dini hari. Kebakaran melahap lantai I hingga lantai 3. Akibatnya, lantai 1 hingga 3 mengalami rusak berat.

Kebakaran tersebut membakar berkas – berkas penting. Kuat dugaan kebakaran itu akibat korsleting listrik. "Rusak berat itu ada di lantai 1, 2 dan 3, " kata petugas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Rahmat, Jumat, 29 Januari 2021. "Indikasi mengarah akibat korsleting listrik," ujarnya.

Untuk diketahui, lantai 2 merupakan ruangan Bidang Rencana Program, kemudian lantai 3 bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Aceng Solahudin, kebakaran diduga disebabkan arus pendek listrik. “Terdapat benda yang mudah terbakar sehingga api cepat membesar dan menjalar ke lantai 2 dan lantai 3 gedung tersebut,” imbuhnya.

Untuk mempercepat proses pemadaman, kata Aceng, sebanyak 8 unit pemadam harus dikerahkan untuk menjinakkan api. “Mobil yang diturunkan yakni 6 Unit Markas Komando, 1 Unit Sektor Bekasi Utara & 1 Unit Sektor Rawalumbu,” terang Aceng.

Masih menurut Aceng, tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran tersebut, hanya saja seluruh bangunan Disdik Kota Bekasi hangus dilalap api. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian ditaksir Rp500 juta,” ujar Aceng.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku, sudah melakukan pengecekan ke lokasi kebakaran itu. Dia pun telah mengintruksikan kepada jajaran Dinas Pendidikan untuk membuat laporan ke kepolisian.  "Agar kebakaran ini bisa teridentifikasi," katanya.

Berdasarkan keterangan saksi, lanjut Bang Pepen - sapaan akrab Rahmat Effendi, api kali pertama diketahui oleh Satpol PP Kota Bekasi yang sedang bertugas piket malam. Sebuah panel listrik yang ada di lantai dasar pintu mengeluarkan asap. "Dengan cepat api langsung menjalar ke bangunan lain," katanya.

Atas kejadian itu, petugas pemadam kebakaran Kota Bekasi menerjunkan delapan mobil pemadam untuk menjinakkan api. Kini, kasus kebakaran itu masih dalam penyelidikan.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Krisman mengatakan, pelayanan di Dinas Pendidikan masih berjalan normal. Seluruh pegawai masih melakukan pelayanan kepada masyarakat. "Pegawai masih masuk seperti biasa," pungkas Krisman. (dbs/kir)