Kader Demokrat Temukan Ruko Berisi Ribuan Surat Suara Dicoblos 01 dan Caleg Nasdem

Contoh surat suara yang sudah dicoblos di Malaysia. (Foto: Twitter)

Jakarta, Dekannews- Publik kembali geger karena kader partai Demokrat berhasil membongkar adanya sebuah ruangan di sebuah Ruko di Bangi, Selangor, Malaysia, yang dijadikan markas pencurangan Pemilu dengan modus mencoblos surat suara secara tidak sah.

Dalam video berdurasi 0:38 detik yang viral di media sosial, Kamis (11/4/2019), terungkap kalau di ruangan itu terdapat puluhan ribu surat suara yang di antaranya masih dikemas dalam kantong-kantong pelastik berwarna hitam.

"Inilah dua lokasi tempat penyimpanan surat suara .... Tidak tahu punya siapa ... Terlalu banyak surat suara ... puluhan ribu .... Di sini sudah dicoblos 01 .... Ini (yang dicoblos) dari Partai Nasdem nomor 2, ini juga dari partai Nasdem nomor 5 ... Semua yang dicoblos dari Nasdem. Ini penipuan!" kata suara-suara dalam video itu.

Data bahwa yang menemukan tempat tersebut adalah kader Partai Demokrat, diungkap dari cuitan mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Johanes Suryo Prabowo melalui akun Twitter-nya, @marierteman.

"Terimakasih kader @PDemokrat semoga dapat ditindaklanjuti oleh @KPU_DKI dan @kbrikualalumpur dan semoga ini bukan "puncak gunung es" dari kecurangan pilpres dan pemilu 2019," katanya.

Juga dari cuitan mantan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief.

"Bukan soal perwakilan Demokrat yang menggerebeg surat suara tercoblos, tapi ini soal menyelamatkan pilpres Indonesia. KPU dan penelenggara lainnya harus mau mendengar. Jangan dikit-dikit lapor polisi dan penjarakan orang," katanya melalui @AndiArief_.

Ketua Panwaslu Kuala Lumpur, Yaza Azzahara mengaku telah mendapatkan informasi tentang penggerebelan ini pada pukul 12:00 waktu setempat.

'Saya langsung mendatangi lokasi yang katanya ada surat suara tercoblos itu," katanya seperti dilansir detikcom.

Dari video yang diposting @marierteman diketahui kalau kepolisian Diraja Malaysia telah mendatangi lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara.

Untuk diketahui, coblosan Pemilu 2019 di Malaysia baru akan dilakukan pada Minggu (14/4/2019).

Setelah ke TKP, Yaza mengonfirmasi bahwa memang ada surat suara tercoblos.

"Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil, terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01. Dan ada juga di pileg untuk dari NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu," katanya. (man)