Jutaan Orang Diperkirakan Hadiri Kampanye Akbar Prabowo di GBK

Kampanye Prabowo di Stadion Pakansari, Bogor. (Foto: Tribunnews)

Jakarta, Dekannews- Jutaan pendukung pasangan calon (Paslon) 02 Prabowo-Sandi diperkirakan akan menghadiri kampanye akbar pasangan yang diusung poros Gerindra ini di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Perkiraan ini muncul karena saat ini pendukung Prabowo dari berbagai daerah telah dalam perjalanan ke lokasi. pendukung dari Ciamis bahkan kembali melakukan aksi jalan kaki seperti saat Aksi Bela Islam (ABI) yang diselenggarakan GNPF-Ulama pada 2 Desember 2016 yang beken dengan sebutan Aksi 212 yang fenomenal itu.

"Setelah Surabaya dan Bogor, sekarang Indramayu bersiap #PutihkanJakarta," kicau akun @_doncorleone78_, Sabtu (6/4/2019).

"Peserta Rapat Akbar di GBK dari Solo sudah berangkat jam 5 pagi tadi menuju Jakarta. Solo keren," lapor @stevanihuangg.

"Ciamis berangkat jalan kaki ... GBK. Alhamdulillah masyarakat Ciamis garda terdepan dalam semangat & memang paling kompak dalam.mencari ridho Allah. Semoga dari daerah lain pun berbondong-bondong menuju perubahan yang lebih baik untuk Indonesia yang Adil dan Makmur," kicau @EV220622.

"Dari Palembang ke Jakarta, perjalanan ke GBK untuk menghadiri kampanye Prabowo Sandi .... Sesaat lagi masuk kapal ferry di Pelabuhan Bakaheuni," kata @Yswn_Kawilarang seraya memposting video perjalanan dirinya dan empat kawannya dengan menggunakan mobil pribadi.

Seorang aktivis PP Muhammadiyah, Farid, memperkirakan jumlah massa yang hadir pada kampanye akbar Prabowo kemungkinan bisa menyamai massa saat Aksi 212, yakni sekitar 7 juta orang, karena pendukung Prabowo dari berbagai daerah, terutama dari Jabodetabek, telah bergerak menuju Jakarta.

"Mereka datang atas imbauan Habib Rizieq Shiihab dan Ustad Bastiar Nasir yang disebarkan melalui media sosial," katanya.

Pendukung Prabowo dari daerah yang telah tiba di Jakarta ditampung di berbagai masjid, di antaranya Masjid Al Fatah, Benhil, Jakarta Pusat; Masjid Cut Mutiah, Menteng, Jakarta Pusat; dan masjid-masjid di sekitar kawasan GBK.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, pihaknya menerjunkan 820 personel serta menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengamankan kampanye ini.

"820 personil dikerahkan demi suksesnya acara. Tentu ada rekayasa lalin juga," kata dia, Jumat (5/4/2019).

Yusuf menuturkan personel yang diterjunkan akan disebar ke sejumlah titik rawan macet dan konsentrasi massa. Sedangkan untuk pola pengamanannya, kata akan menggunakan sistem zona.

Berikut ini rekayasa lalu lintas yang disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya untuk pengamanan Kampanye Akbar Pabowo besok:

1. Fly Over Sekat II dan Ladogi
- Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi
- Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke Semanggi, tidak ada yang menuju jalan layang Landogi ke arah Jalan Gerbang Pemuda. 

2. Pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan
- Kendaraan dari arah bundaran Senayan diarahkan lurus ke Semanggi.

3. Jalan Hang Lekir 2
- Arus Lalin dari jalan Pakubuwono VI yang menuju ke arah kampus Mustopo diarahkan ke tol Pakubuwono.

4. Jalan Hang Lekir 1
- Arus Lalin dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Hang Tuah Raya. 

5. Perempatan Patal Senayan
- Kendaraan dari arah jalan patal Senayan 1 yang mengarah di jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri Jalan Tentara Pelajar. 

6. Pertigaan Tentara Pelajar
- Kendaraan dari jalan Tentara Pelajar menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Permata Hijau. 

7. TL. Palmerah 
- Kendaraan dari Manggala Wanabakti diluruskan ke arah jalan Tentara Pelajar.
(rhm)