Job Fair Ke-3 Sudin Nakertrans Jakut Diikuti 50 Perusahaan

Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memotong pita untuk meresmikan dibukanya Job Fair ke-3 Sudin Nakertrans Jakut. (Foto: eko/Dekan)

Jakarta, Dekannews- Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans) Jakarta Utara menggelar Job Fair ke-3 pada Selasa (24/9/2019) ini dan Rabu (25/9/2019) besok di Mall WTC Mangga Dua, Pademangan Jakarta Utara. 

Bursa tenaga kerja ini diikuti 50 perusahaan yang berdomisili di Jakarta Utara. 

Saat membuka acara ini, Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, acara ini dapat mempertemukan para pelamar kerja dengan pengusaha, sehingga diharapkan terjadi penyerapan tenaga kerja yang tinggi di Jakarta Utara.

"Job Fair memang selalu dipadati para pelamar yang tak hanya berasal dari Jakarta Utara, namun saya berpesan agar para pengusaha memberikan kesempatan yang banyak untuk pelamar yang berasal dari Jakarta Utara," kata Ali

Meski demikian, ia mengingatkan pelamar kerja yang datang harus memiliki keterampilan yang mumpuni agar mampu bersaing dengan pelamar yang lain. Untuk itu, ia menyarankan agar para pelamar mengikuti beragam pelatihan di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) atau Balai Latihan Kerja yang berada di setiap wilayah. 

"Walaupun banyak lowongan pekerjaan, belum tentu cocok dengan kualitas mereka (pelamar). Untuk itu, mereka seharusnya terus meningkatkan potensi diri.  Salah satunya melalui PPKD atau Balai Latihan Kerja yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja. Mungkin saja dari hasil latihan itu mereka punya kesempatan untuk berwirausaha atau berwiraswasta," jelasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Andri Yansyah, menambahkan, PPKD atau Balai Latihan Kerja mampu menghasilkan calon tenaga kerja yang berkualitas yang dilengkapi sertifikasi lulus uji kompetensi. 

Jenis pelatihannya pun beragam, karena mengikuti perkembangan usaha yang ramai di masyarakat, sehingga semakin memperbesar peluang pelamar meraih pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang dimilik. 

"Pelatihan dan pemasaran produk keterampilan juga berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah DKI Jakarta, sehingga jenis keterampilan yang dilatih di PPKD atau Balai Latihan Kerja itu betul-betul 'link and match', sesuai kebutuhan pasar kerja," katanya.

Dimas Andika (23), salah seorang pelamar kerja,  mengatakan, Job Fair cukup efektif dalam proses pelamaran pekerjaan, karena banyak informasi berbagai pekerjaan 

"Saya coba masukan beberapa lowongan.  Mudah-mudahan salah satunya ada yang nyantol," kata dia. (Eko).