Jaring Kader Potensial, Bulan Depan PMI Jakut Gelar Gerakan Dondarela

Rapat jajaran PMI Jakut dengan Kabag Kesra Darmawan. (Foto: Eko/Dekan)

Jakarta Dekannews- Kesadaran akan pentingnya menyelamatkan kehidupan orang lain dengan menyumbangkan darah masih sangat kurang di Jakarta. 

Untuk itu, menurut Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara Andi Usman Gumanti,  pihaknya akan mengadakan gerakan Donor Darah Sukarela (Dondarela) untuk menciptakan kader-kader potensial di Jakarta Utara. 

"Dondorela juga sebagai motivasi bagi masyarakat Jakarta Utara khususnya, dan Jakarta pada umumnya, sehingga masyarakat peduli dan mau berperan serta menjadi penggerak sekaligus pendonor sukarela, agar tersedia sumber daya komponen darah dan pengembangan pelayanan PMI, " katanya di ruang rapat VIP Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (25/7/2019). 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Jakarta Utara Darmawan menambahkan, gerakan ini merupakan yang pertama di Indonesia dan akan menjadi istimewa karena dilakukan secara sukarela,  tanpa paksaan. 

“Dondorela ini sebagai sarana meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menyumbangkan darahnya  demi sesama yang membutuhkan. 
Selain itu akan sangat banyak manfaatnya bagi pendonor karena siklus perubahan darahnya teratur sehingga kesehatan terjamin," jelas dia. 

Gerakan Dondorela dilaksanakan pada Sabtu (24/8/2019) di:kantor PMI Jakarta Utara dan rencananya akan dideklarasikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anis Bawesdan. 

Bagi yang berminat menjadi kader Dondorela dipersilahkan mendaftarkan diri ke PMI Jakarta Utara,  Jalan Raya Plumpang Semper No 54, Kelurahan Tugu, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. (eko)