Indonesia Bertemu Thailand di Final Bulutangkis Beregu Putri SEA Games ke-30

Gregoria Mariska. (Foto: Int)

Manila, Dekannews- Tim Indonesia akan menghadapi tim Malaysia dalam babak final beregu putri bulutangkis SEA Games ke-30 di Filipina. 

Kepastian itu didapat setelah tim Indonesia menundukkan Singapura 3-1 dalam babak semifinal yang diselenggarakan di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Senin (2/12/2019).

Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, membukukan poin pertama untuk Indonesia setelah mengalahkan Yeo Jia Min dengan skor 21-15 dan 23-21.

Kemenangan ini sekaligus menambah catatan positif head to head Gregoria atas Yeo menjadi 3-0.

Hasil positif yang diraih Gregoria diikuti ganda putri Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu yang mengalahkan ganda putri Singapura Jin Yujia/Nur Insyirah Khan dengan 21-8 dan 21-8.

Ketut/Apriyani menang dengan margin jauh karena tampil lebih siap ketimbang saat tampil di partai perempat final melawan Vietnam.

"Kami berdua hari ini lebih siap dari kemarin dan belajar dari kesalahan kemarin. Kemarin kami kurang fokus dan banyak mati sendiri. Itu yang bikin kami rubber kemarin dan kami perbaiki sekarang," kata Apriyani.

Sayang, tugal putri kedua andalan Indonesia, Fitriani, gagal mengikuti jejak rekan-rekannya untuk dapat membukukan kemenangan menjadi 3-0 atas Singapura, karena dikalahkan Jasyln Hooi Yue Nann.

Fitriani memenang di gim pertama dengan 21-13, namun kedodoran di gim kedua, sehingga kalah 16-21.

Pada gim ketiga, Fitriani juga banyak melakulan kesalahan dan tampil di bawah performa terbaiknya, sehingga menyerah 16-21. 

Partai keempat yang mempertemukan pasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dengan Shinta Mulia Sari/Crystal Wong Jia Ying memperlebar jarak Indonesia dengan Singapura menjadi 3-1, sehingga berhak maju ke partai final. Siti/Ribka menang 21-15 dan 21-19 setelah menghadapi perlawanan sengit pasangan Singapura Shinta/Crystal. 

Hasil ini membawa Tim beregu putri badminton Indonesia bertemu Thailand di babak final untuk memperebutkan medali emas pada Selasa (3/11/2019) besok.

Thailand maju ke final setelah mengalahkan Malaysia dengan skor menang 3-0 di babak semifinal yang juga dilangsung kan hari ini di Muntinlupa Sport Complex, Filipina.  (man)