Heboh Gelandangan di Sudirman-Thamrin, Nursaman Ngaku Tak Pernah Bertemu Risma

Nursaman, salah satu gelandangan yang ditemui Mensos Tri Rismaharini saat blusukan Senin (4/1/2021). (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews - Salah satu gelandangan yang fotonya viral di media sosial karena ditemukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021), saat sang Menteri sedang blusukan di jalan itu, mengakui kalau yang di foto tersebut memang dirinya. 

Tapi pria bernama Nursaman itu mengaku tak pernah bertemu Risma dan juga tidak berada di Jalan Sudirman-Thamrin saat Risma blusukan di situ. 

"Ya, itu saya," kata Nursaman saat diperlihatkan salah satu foto yang viral di media sosial tersebut, ketika ditemui di warung tempat dimana dia dan istrinya berjualan makanan, minuman dan kelapa muda di Jalan Minangkabau, Kecamatan Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (6/1/2020). 

Foto yang diperlihatkan adalah foto yang menggambarkan dua pria yang sedang makan di sebuah kantin, yang menurut netizen merupakan gelandangan-gelandangan yang ditemukan Risma saat blusukan di Jalan Sudirman-Thamrin. Pria yang diakui Nursaman sebagai dirinya adalah pria yang menghadap ke depan, berkaos coklat dan bertopi. 

Nursaman yang saat ditemui tidak memakai topi, bahkan menunjukkan topi yang mana yang ia pakai dalam foto itu, kemudian mengambil topi itu yang disangkutkan di sebuah pengait di depan warungnya, dan memakainya. Ia pun menjelma menjadi sosok yang berada di dalam foto itu, hanya saja saat ditemui dia sedang mengenakan kemeja. 

Ketika ditanya siapa pria yang bersamanya di foto itu, yang duduk dalam posisi menghadap ke dirinya? Pria 70 tahun asal Indramayu, Jawa Barat, itu menyebut nama Rizal. 

"Bapak kenal dia?" tanya wartawan. 

"Ya, dia pemulung di sini," jawab Nursaman. 

Tapi ketika ditanya dalam foto itu dia dan Rizal sedang makan dimana? Nursaman bingung. 

"Itu dimana ya? Mungkin di situ, di rumah makan yang ada di situ," katanya sambil menunjuk ke ujung Jalan Minangkabau. 

"Bapak benar-benar tidak ingat?" tanya wartawan. 

"Kayaknya memang di situ," jawabnya. 

Ketika ditanya siapa yang mengajak dirinya dan Rizal ke Jalan Sudirman-Thamrin pada Senin (4/1/2021), dan ditemukan Risma di sana? Nursaman mengatakan kalau dia tidak ke Jalan Sudirman-Thamrin pada hari itu, karena meski dia tak punya rumah di Jakarta, biasanya dia hanya tidur di emperan pertokoan di sepanjang Jalan Minangkabau. 

"Saya pernah ke Thamrin, tapi sudah lama sekali. Waktu itu cuma buat ngambil kardus," katanya. 

Ketika kepadanya diperlihatkan foto yang menggambarkan dirinya sedang berhadapan dengan Risma, dia bingung lagi dan mengatakan bahwa dia tidak pernah bertemu Risma. 

"Waktu saya lagi di emperan toko di sana itu (menunujuk ke satu arah) malam-malam, ada orang datang pakai mobil. Dia perempuan, masih muda, dan ngasih seratus ribu ke saya," katanya. 

Ketika ditanya bagaimana ada foto tentang dirinya yang berada di hadapan Risma, jika tidak bertemu dengannya? Nursaman mengatakan tidak tahu bagaimana bisa ada foto itu. 

Istri Nursaman, juga pedagang figura di samping warung Nursaman, memberi tahu kalau pria berambut putih dan gondrong itu sudah pikun. 

"Dia sering lupa sama apa yang dia lakukan dan yang dia omong," kata istrinya. 

Ketika istri Nursaman ditanya apakah dia tak tahu kalau hari Senin lalu Nursaman mungkin ke Jalan Sudirman-Thamrin? Istri Nursaman mengatakan tak tahu. 

"Dia ini kalau pergi-pergi suka ngeloyor begitu saja, nggak bilang-bilang," katanya. 

Wartawan sempat menyusuri Jalan Minangkabau untuk mencari Rizal, tapi tak berhasil menemukannya. 

Seperti diketahui, penemuan sejumlah gelandangan oleh Risma saat Mensos itu blusukan di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021), bikin heboh, karena sejumlah netizen mengatakan, sebelumnya mereka tak pernah melihat tuna wisma berkeliaran di jalan protokol itu. 

Seorang netizen pemilik akun Facebook Wendra Setiawan kemudian mengungkap dugaan kalau keberadaan gelandangan-gelandangan itu hanya setingan belaka. 

Di akunnya tersebut, Wendra memposting dua foto, dimana yang satu menggambarkan dua orang pria yang sedang makan dalam posisi berhadapan di sebuah meja yang nampaknya berada dalam sebuah foodcourt atau kantin, dan yang satunya lagi menggambarkan seorang pria yang sedang duduk di sebuah emperan dalam posisi menghadap Risma. Pria ini merupakan salah satu pria dalam foto yang sedang makan tersebut, dan diakui Nursaman sebagai dirinya. 

Pada postingannya itu Wendra memberikan narasi seperti ini"

""Bapack tadi sudah wawancara?"
"Sudah, barusan. Kamu, Dik?"
"Jadwalnya besok. Tadi tim baru survei lokasi. Rencana mau langsung pulang apa main dulu di Jakarta? "
"Main dulu ah. Kemarin ke sini sama keluarga. Anak-anak mau lihat Ancol". 
***
Ket. Gambar hanya ilustrasi
". 

Postingan Wendra itu direspon banyak netizen, salah satunya pemilik akun Facebook Adhe Idol. 

"Kalo yang menghadap ke depan atau yang rambutnya putih/ubanan kek kenal itu, tukang jualan poster Sukarno memang dia orang P***. Lokasi jualannya di Jalan Minangkabau Manggarai. Selain itu, dia juga jualan kelapa muda. Terciduk juga 😂," katanya. 

Tak ayal, netizen pun geger. Apalagi karena postingan Wendra dan Adhe juga diposting netizen ke Twitter. 

"Kalau ini benar seorang menteri koq bisa seperti ini. Apa manfaatnya untuk bangsa?" tanya tokoh Papua Christ Wamea melalui akun Twitter-nya, @PutraWadapi, seperti dikutip Rabu (6/1/2021). 

"Jiiiaaahhh.. Tuna wisma yang diajak bicara sama si Syantiq kecyduk netizen... Ternyata orang P**" yang jualan di jalan minang kabau manggarai," kata @wahyoe_affandi. 

Sampai hari ini belum ada penjelasan Risma soal polemik blusukannya di Jalan Sudirman-Thamrin itu. (rhm)