Hasil Uji Klinis: Obat Radang Sendi Jepang Efektif Sembuhkan Pasien Kritis Akibat Covid

Actemra. (Foto: Int)

Tokyo Dekannews - Tim peneliti yang berbasis di Inggris mengatakan, obat radang sendi yang dikembangkan di Jepang, yaitu Actemra, dapat secara signifikan meningkatkan kelangsungan hidup pasien Covid- 19 dengan kondisi yang sudah kritis.

Seperti dilansir NHK, Selasa (12/1/2021), para peneliti dari Imperial College London dan di tempat lain melaporkan penemuan mereka berdasarkan uji klinis terhadap Actemra yang juga dikenal dengan tocilizumab.

Para peneliti itu mengatakan, tingkat kematian sebelumnya mencapai 35,8% dari sekitar 400 pasien dalam kelompok pantauan, kemudian berkurang lebih dari 7 poin menjadi 28% untuk sekitar 350 orang yang menerima obat tersebut.

Tim peneliti itu mengatakan, obat radang sendi lain juga menunjukkan efek yang serupa.

Actemra sebelumnya dikembangkan oleh Universitas Osaka dan Perusahaan farmasi Jepang, Chugai. Obat itu diharapkan membantu mencegah reaksi berlebihan dari sistem imun.

Pemerintah Inggris mengatakan dalam situs webnya bahwa pihaknya mendorong penggunaan obat tersebut untuk menangani pasien Covid-19 yang berada dalam unit layanan intensif atau intensive care unit (ICU). (rhm)