FBJ Kembali Nyatakan Komitmen Kawal dan Dukung Anies Hingga 2022

Budi Siswanto (kanan) dan pengurus FBJ se-DKI Jakarta buka puasa bersama di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat. (Foto; Dekan)

Jakarta, Dekannews- Forum Bersama Jakarta (FBJ) kembal menyatakan komitmennya untuk mengawal Gubernur Anies Baswedan hingga masa jabatannya selesai pada 2022.

"Hingga hari ini relawan-relawan Anies-Sandi pada Pilkada Jakarta 2017 yang tergabung dalam FBJ, selalu menginstruksikan kepada jaringannya di seluruh Jakarta untuk mengawal dan mendukung kebijakan Pemprov DKI yang dikomandoi Anies," kata Ketua FBJ Budi Siswanto saat acara buka puasa bersama di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2019).

Dalam acara ini hadir 20 pimpinan wilayah FBJ se-Jakarta.

Budi mengakui, dalam dua tahun masa kepemimpinannya di DKI, Anies telah menunjukkan diri sebagai sosok yang profesional, kompeten dan punya integritas. 

Sebab, dalam rentang waktu tersebut dari banyak yang dijanjikan Anies saat kampanye Pilkada Jakarta 2017, hampir semua program yang secara langsung menyentuh kehidupan masyarakat, telah dipenuhi. Contohnya adalah program pemberdayaan masyarakat, penataan pengelolaan transportasi, dan kegiatan-kegiatan yang mengerahkan masyarakat level bawah seperti yang pernah ada di era pemerintahan Gubernur Fauzi Bowo, dihidupkan kembali.

"Terkait dengan kondisi terkini dimana suksesi politik sedang hangat-hangatnya, kami mengapresiasi langkah Gubernur yang cepat, tegas dan tuntas, dan program-program antisipatif untuk kejadian itu pun sudah dikoordinasikan dengan elemen yang ada. Alhamdulilah, warga juga mendukung, sehingga Jakarta kini lebih kondusif dan adem," imbuhnya.

Ketika ditanya apa saja yang dilakukan FBJ sebagai dukungan kongkret untuk Anies? Budi menjawab banyak sekali. Di antaranya adalah membantu menyosialisasikan kebijakan-kebijakan Anies kepada masyarakat.

"Pengurus dan jajaran FBJ adalah orang-orang yang dekat dengan struktur birokrasi di lingkungan Pemprov DKI. Maka, ketika mereka mendapatkan informasi tentang kebijakan yang baru diterbitkan Anies, mereka terjemahkan dalam bahasa yang sederhana yang dapat dipahami masyarakat, saat kebijakan itu disosialisasikan, sehingga kebijakan dapat efektif," katanya.

Budi mengakui, acara buka puasa bersama yang digelar setiap tahun di bulan Ramadan, merupakan salah satu ajang silaturahmi bagi pengurus dan jajaran FBJ dalam rangka menguatkan komitmen yang dibangun sejak 2007, sejak FBJ masih bernama Fauzi Bowo Centre.

"Kami tidak punya agenda politik jangka pendek karena para pengurus FBJ di seluruh DKI adalah tokoh masyarakat. Komitmen kami adalah mengawal dan mendukung pemerintah demi kemaslahatan masyarakat. Hanya saja kebetulan pada Pilkada Jakarta 2017, FBJ mendukung pasangan Anies-Sandi,  dan pasangan ini menang," katanya.

Budi menegaskan, eksistwnsi FBJ tak perlu diragukan karena FBJ merupakan reinkarnasi Fauzi Bowo Cantre yang didirikan pada 2007. Nama FBJ baru dipakai pada 2012 dan saat itu langsung terlibat salam.suksesi kepemimpinan Jakarta dengan mendukung pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli kontra Jokowi-Ahok, dan mendukung Anies-Sandi pada Pilkada Jakarta 2017 kontra pasangan Ahok-Djarot. (rhm)