Esemka Luncurkan Produk Perdana: Mobil Pikap Berbahan Bakar Bensin

Pikap Esemka yang dilaunching hari ini. (Foto: Int)

JakartaDekannews- Setelah ditunggu bertahun-tahun, akhirnya Esemka resmi meluncurkan produk perdana. Pembukaan selubung akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) siang ini.

Seperti dikabarkan TVOne, mobil yang diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi itu berjenis pikap, dan terdiri dari dua model, yakni Bima 1.2L dan Bima 1.3L. 

Dari kodenya, diketahui bahwa kapasitas mesin yang digunakan yakni 1.200cc dan 1.300cc.

Kedua jenis mobil yang masuk dalam segmen kendaraan niaga itu menggunakan mesin yang bekerja memakai bahan bakar jenis bensin, dan dibandrol di kisaran harga Rp150 juta/unit. 

Sebelumnya, saat menghadiri pameran industri komponen di Kementerian Perindustrian RI di Jakarta pada 13 Agustus 2019, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, menyampaikan bahwa investasi pabrik mobil Esemka seluruhnya murni swasta nasional. 

"Tidak ada campur tangan perusahaan asing. Investasinya 100 persen Indonesia," ujarnya ketika itu.

Eddy mengklaim Esemka sampai saat ini telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan lokal untuk pengadaan suku cadang kendaraan seperti ban, velg, kaca, accu, altenator, starter, filter-filter, jok, grill, knalpot, van belt, bak kargo, tangki bahan bakar, chassis, dan per daun.

Esemka Rajawali

Seperti diketahui, Esemka merupakan merek mobil yang mendongkrak popularitas Jokowi pada 2012, saat masih menjabat sebagai walikota Solo dan akan mengikuti Pilkada Jakarta 2012, karena mobil ini disebut-sebut sebagai hasil rakitan siswa-siswa SMK bekerja sama dengan institusi serta industri dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional.

Saat kampanye Pilkada Jakarta 2012, Jokowi berjanji akan mengembangkan mobil ini agar menjadi kebanggaan Nasional. 

Berdasarkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor Nomor SK 3896/AJ.402/DRJD/2012 yang diterbitkan Kemenhub setelah BTMP BPPT Serpong menyatakan Esemka lulus uji emisi pada Agustus 2012, ada dua tipe Esemka yang boleh diproduksi, yaitu Esemka Rajawali model SUV dan model pikap Esemka Bima. 

Esemka Rajawali yang disainnya mirip Foday Explorer III adalah tipe yang sempat menghebohkan Tanah Air karena selain desainnya yang kokoh dan dinilai tak kalah dari mobil produk luar negeri,  juga merupakan kendaraan yang dijadikan sebagai mobil dinas Jokowi saat masih menjadi walikota Solo. 

Peluncuran Esemka hari ini akan dihadiri sejumlah pejabat negara, termasuk Menteri Perindustrian. (man)