Dugaan Anggaran Ganda Realisasi APBDP 2018 Capai Trilyunan?

Gedung Pemprov DKI Jakarta. [ist]

Jakarta, Dekannews - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sudah mewanti - wanti para pejabat dalam pembahasan anggaran untuk lebih teliti agar jangan sampai ada duplikasi anggaran. Pernyataan Anies bisa dikatakan berkaca dari tahun anggaran sebelum-sebelumnya. Untuk KUA & PPAS saja, Anies sudah menduga adanya anggaran ganda. Apalagi pada anggaran berjalan dan APBD yang telah terealisasi. 

Sesungguhya, indikasi anggaran ganda masih ada pada APBD Perubahan TA 2019 dan realisasi APBD Perubahan TA 2018. Nilai dugaan anggaran ganda mencapai trilyunan rupiah?

Indikasi dugaan anggaran yang nyata, contohnya pada Sekretariat DPRD DKI Jakarta, Dinas Pendidikan, Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Kehutanan. Tidak menutupi pada SKPD lainnya. 

Mengacu pada realisasi APBD Perubahan 2018, untuk di Sekretariat DPRD DKI saja paling tidak, ada lebih dari seratusan mata anggaran yang diduga kuat anggaran ganda. Nilai anggaran ganda ini mencapai puluhan milyar. 

Pun demikian, dugaan anggaran ganda juga ada pada Dinas Kehutanan, yang mencapai di atas dua ratusan yang didasarkan pada kesamaan akun. Nilai dugaan anggaran duplikat ini mencapai di atas ratusan milyar. 

Disusul Bidang Pendidikan Dinas Pendidikan Pemprov DKI, indikasi dugaan anggaran mencapai seribuan mata anggaran dalam kolom kegiatan. Nilai anggaran realisasi mencapai di atas satu trilyunan.

Tak ketinggalan pula, dugaan anggaran ganda kolom akun pada Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta. Jumlah mata anggaran ganda pada kolom akun tak mencapai lima puluhan tapi nilai APBDP 2018 pada angka di atas lima ratusan milyar. (kir)