Difitnah Buzzer, Bintang Emon Langsung Trending Topics

Bintang Emon. (Foto: Twitter)

Jakarta, Dekannews- Komika Bintang Emon mendadak jadi trending topics di jagat Twitter Indonesia gara-gara difitnah para buzzer bayaran setelah videonya yang mengkritisi alasan jaksa menuntut terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan dengan hukuman satu tahun penjara, viral di media sosial, Minggu (14/6/2020). 

Bintang masuk trending topics, bahkan menduduki puncak trending, sejak Senin (15/6/2020) siang karena tagar #BintangEmon dilambungkan warganet dengan cepat hingga ratusan ribu kali. 

Pada pukul 15:49 WIB, tagar #BintangEmon masih di puncak trending karena sudah dicuitkan hingga 203.000 kali. 

Indikasi bahwa komika muda itu difitnah buzzer bayaran, terindikasi dari cuitan para penyerangnya yang berisi konten dan meme yang sama, dan cuitan-cuitan mereka itu dianggap tidak benar. 

"Demi menjaga stamina menjadi komika Emon mengaku memakai narkoba. #BintangEmon #Nggak Sengaja #NovelBaswedan Nggak Sengaja," kata pemilik akun @Tiara61636212.seraya menyematkan sebuah meme bergambar wajah Emon yang sedang mendangak dengan mulut terbuka untuk menampung serbuk putih yang diasosiasikan sebagai sabu-sabu, yang jatuh dari atas. 

"Demi menjaga stamina menjadi komika Emon mengaku memakai narkoba. #BintangEmon #Nggak Sengaja #NovelBaswedan Nggak Sengaja," kata pemilik akun @LintangHanita dengan menyematkan meme yang sama dengan yang diposting @Tiara61636212.

Tuduhan ini antara lain dibantah komedian Arie Kriting dan pemilik akun @injodotid. 

"Bintang Emon baik banget. Gak pernah narkoba dari dulu sampai sekarang. Kalian tanya saja semua yang kenal Bintang deh. Disodorin rokok aja dia ogah. Sering diledekin di tongkrongan karena gak punya sejarah bandel," kata Arie Kriting melalui @Arie_Kriting. 

"Ngeliat Bintang Emon trending, agak sedih sih, jadi ingat waktu buat video dulu. Itu bocah gue tawarin makan, minuman-minuman yang berasa-berasa dikit gitu tetep milih aer putih tuh. Anaknya sederhana, ga neko-neko, ga pecicilan. Ngerokok juga kagak. Bisa-bisanya digosipin ketagihan sabu," kata @injodotid. 

Fakta ini membuat warganet berang terhadap para buzzer itu. 

"Ingat mati para buzzer-buzzerRp, jangan merasa hidup ini bakal kekal!!," semprot @M_Asmara1701.

"Saya bersama Bintang Emon. Pemuda milenial, ganteng dan berani suarakan keadilan terhadap Novel  Baswedan," kata sosiolog Musni Umar melalui @musniumar. 

"Gara-gara video ini Bintang Emon difitnah sebagai pemakai narkoba? Menjijikan..  Dikritik bukannya introspeksi dan memperbaiki diri, malah buzzer-buzzer yang bergerak," omel @QiraniAyara seraya menyematkan video Bintang yang membuatnya difitnah. 

Dalam video berdurasi 1:10 menit itu Bintang antara lain mengatakan; "Katanya nggak sengaja, tapi kok bisa kena muka? Kan kita tinggal di Bumi, gravitasi pasti ke bawah. Nyiram badan nggak mungkin meleset ke muka, kecuali kalau Pak Novel Baswedan jalannya Einstein. Bisa lu protes; "Pak Hakim, saya niatnya nyiram badan, tapi gegara dia jalannya banyak tingkah, jadi kena muka... "

Seperti diketahui, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fedrik Adhar menuntut dua terdakwa kasus penyiraman air keras kepada Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis, dengan hukuman satu tahun penjara. 

Dalam Pertimbangannya, Jaksa mengatakan kalau kedua terdakwa itu tidak sengaja menyiram wajah Novel. 

"Bahwa dalam fakta persidangan, terdakwa tidak pernah menginginkan melakukan penganiayaan berat. Terdakwa hanya akan memberikan pelajaran kepada saksi Novel Baswedan dengan melakukan penyiraman cairan air keras ke Novel Baswedan ke badan. Namun mengenai kepala korban. Akibat perbuatan terdakwa, saksi Novel Baswedan mengakibatkan tidak berfungsi mata kiri sebelah hingga cacat permanen," ujar Jaksa saat membacakan tuntutan. (rhm)