Dapur Kurban 2019, Anies Libatkan Chef Hotel Bintang Lima

Penandatangan kerja sama Dapur Kurban 2019. (Foto: PPID)

Jakarta, Dekannews- Pemprov DKI Jakarta bersama Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan stakeholder terkait kembali menyelenggarakan Dapur Kurban dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8/2019). 

Tahun ini,  acara yang dilaksanakan pada Senin (12/8/2019) itu mengambil tema 'Menebar Keberkahan dan Membahagiakan Sesama'. Perjanjian kerjasama penyelenggaraan acara ini ditandatangani di Balairung Balaikota Jakarta, Jumat (9/8/2019). 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, yang menyaksikan penandatanganan kerja sama ini menjelaskan, ada yang istimewa pada penyelenggaraan Dapur Kurban tahun ini, yakni hadirnya para chef hotel bintang empat dan lima yang akan mengolah daging kurban dan dibagikan kepada masyarakat. 

Hasil olahan para chef itu yang dilengkapi nasi dan sayur, dikemas oleh pihak hotel dan ACT. 

"Dapur Kurban ini dikhususkan bagi masyarakat di perkampungan kumuh dan masyarakat tidak mampu lainnya, yang diberikan bukan lagi dalam bentuk daging kurban mentah, melainkan hidangan daging olahan bergizi siap santap yang diolah oleh para chef hotel bintang lima, yang diproses sesuai standar Asosiasi Profesi Kemanan Pangan Indonesia,” kata Anies.

Mantan Mendikbud ini menjelaskan, ada alasan mengapa Pemprov menggandeng para chef tersebut. Selain sudah berpengalaman dalam pengolahan masakan, diharapkan program ini dapat membawa pengalaman istimewa bagi para penerima daging kurban karena mereka dapat merasakan cita rasa masakan hotel berbintang. 

“Biasanya chef-chef ini hasil racikannya tidak diragukan nikmatnya dan mungkin hanya dinikmati kalangan atas, namun kini chefnya dari hotel berbintang tapi yang merasakan saudara kita yang kondisi sosial ekonominya di bawah.” katanya.

Paket makanan ini akan diberikan kepada sembilan kelurahan di lima wilayah kota, warga di RW tertentu Kepulauan Seribu, yayasan, masjid, dan panti asuhan berupa hewan kurban dan kornet/ rendang kalengan.

Kegiatan ini dilaksanakan di enam titik lokasi, yaitu di Hotel Borobudur, Hotel Shangri La, Hotel Dharmwangsa, Hotel Aston Pluit, Hotel Grand Cempaka, dan Lapangan dekat Lenggang Jakarta Monas. 

Acara ini juga bekerja sama dengan APKEPI, Baznas Baziz Provinsi DKI Jakarta, ANTV, dan turut mendapat dukungan dari PKK dan KORPRI. (man)