Cetak Dua Gol di Laga Barcelona Vs Liverpool, Messi Samai Rekor Ronaldo

Messi merayakan keberhasilannya menjebol gawang Liverpool dalam laga Barcelona kontra Liverpool, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. (Foto: Twitter Barca)

Madrid, Dekannews- Dua gol yang dicetak Lionel Messi pada leg pertama semi-final Liga Champions kontra Liverpool di Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB, membawa berkah tersendiri bagi pemain asal Argentina itu.

Dengan torehan dua gol, La Pulga telah mencetak 600 gol dalam sejarah karirnya di Barcelona, menyamai rekor yang diukir Cristiano Ronaldo.

Tak hanya itu, dengan menundukkan Liverpool, Azulgrana kini juga memiliki modal penting untuk bisa memenuhi ambisi meraih treble winners musim ini. Jika tim asal Catalan itu kembali menang di Anfield pada leg kedua pekan depan, Azulgrana lolos ke final dan bertemu pemenang antara Ajax dan Tottenham Hotspur.

Gelaran final diselenggarakan di Madrid pada 1 Juni 2019 mendatang.

Gol ke 599 Messi dicetak pada menit ke-75, setelah sukses memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Luis Suarez yang mengenai mistar gawang dan mengarah kepada dirinya.

Ia melengkapi torehan golnya menjadi 600 melalui tendangan bebas pada menit ke-82.

Messi menjadi pemain ketujuh dalam sejarah yang mencapai 600 gol di level klub, dan kini menyamai Ronaldo. Hanya saja, Ronaldo mencetak gol-gol itu bersama empat klub, yakni Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Ronaldo dan Messi yang mendominasi sepakbola dunia dalam satu dekade terakhir, juga masuk dalam daftar pemain legenda dunia, bersanding dengan Pele dan Romario dari Brasil; Gerd Muller dari Jerman; Josef Bican dari Slavia Praha; dan Ferenc Puskas dari Hungaria.

Gol pertama Messi untuk Barcelona terjadi tepat 14 tahun yang lalu, 1 Mei 2005, lawan Albacete. Sejak saat itu, ia menjelma menjadi bintang terbesar di sepakbola. Sejauh ini prestasi yang telah direngkuhnya adalah lima kali memenangi Ballon d'Or, 10 kali memenangi gelar La Liga Spanyol, dan empat kali meraih trofi Liga Champions.

Di usia 31 tahun, Messi telah menjadi juara lima kali Sepatu Emas Eropa dan meraih Sepatu Emas Piala Dunia di turnamen 2014 di Brasil.

Messi sudah mencetak 26 gol dari 33 pertandingan lawan klub-klub Liga Primer Inggris di Liga Champions, sebagai yang terbaik untuk satu pemain lawan klub negara lain di kompetisi ini. Ia menyamai catatan Ronaldo, yang mencetak 26 gol lawan klub-klub Jerman. (man)