BMKG: Waspada! Kawasan Jabodetabek Hujan Sangat Lebat

Ilustrasi hujan lebat. [dok/dekannews]

Jakarta, Dekannews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan, keberadaan bibit siklon tropis di Samudera Hindia selatan Jawa Barat berpengaruh pada terjadinya perlambatan dan belokan angin di sebagian besar Jawa bagian barat yang pada gilirannya dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

“Maka itu, hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek pada Jumat, 26 Februari 2021 dan Sabtu, 27 Februari 2021, terutama pada malam hingga dini hari,” demikian Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto melalui keterangan tertulisnya, Jumat (26/2/2021).

Masih dalam keterangan tertulisnya, Guswanto mengatakan adapun wilayah yang berpotensi terjadi hujan sangat lebat pada periode tanggal tersebut, pertama di Kabupaten Bogor, tepatnya Jasinga, Cigudeg, Sukajaya, Nanggung, Cijeruk, Pamijahan, Tenjolaya, Tamansari, Leuwiliang, Leuwisaden, Cibungbulang, Ciseeng dan Cigombong.

Kedua, Kabupaten Lebak, tepatnya Curugbitung, Sajira, Cimarga, Leuwidamar, Cipanas, Sobang dan Lebakgedong.

Sedangkan wilayah dengan potensi hujan lebat ada di kawasan Jabodetabek, masih kata Guswanto, yakni Kota Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Kota Jakarta Timur. Lalu, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Bogor.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” tandas Guswanto. (ozc/kir)