Blok 1-2 Pasar Senen Dibangun Kembali dengan Biaya Rp 900 Miliar

Lokasi Blok 1-2 Pasar Senen yang akan dibangun kembali. (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews- PT Pembangunan Jaya menyiapkan dana hingga Rp900 miliar untuk membangun kembali Blok 1 dan 2 Pasar Senen, Jakarta Pusat, yang terbakar pada Januari 2017.

"Pembangunan akan dilakukan selama dua tahun," ujar Dirut PT Pembangunan Jaya, Trisna Mulyadi, Rabu (20/11/2019), dalam sambutannya dalam acara ground breaking pembangunan kembali Blok 1-2 Pasar Senen. 

Menurut data, pasar itu telah sembilan kali terbakar sepanjang 2004 hingga 2017, sehingga gadung baru yang akan dibuat setinggi 6 lantai, didesain untuk dapat memininalisir terulangnya musibah tersebut. 

Gedung Blok 1-2 Pasar Senen dibangun di atas lahan seluas 69.000m2. Setelah pasar ini rampung dibangun dan melakukan grand opening pada April 2022, sekitar 1.500 pedagang lama yang saat ini masih mengisi tempat penampungan sementara, mendapat prioritas untuk mengisi ruang usaha yang disediakan, yang jumlahnya mencapai 2.087 unit. 

"Sisanya kita pasarkan kepada pedagang baru," ujar Manager Pemasaran PT Pembangunan Jaya, Dodit Hardiyanto. 

Para pedagang lama dikenakan biaya sewa sebesar Rp44 juta hingga Rp130 juta/m2 untuk selama 20 tahun. Harga tertinggi Rp130 juta/m2 berada di lantai dasar, sementara harga terendah Rp44 juta/m2 antara lain berada di lantai 3A. 

Dodit menegaskan, meski dibangun baru, ikon Blok 1-2 Pasar Senen sebagai pasar grosir pusat penjualan baju seken, kacamata, jam tangan, tas dan sebagai pusat penjualan kue subuh, tetap dipertahankan. 

Manager Perencanaan PT Pembangunan Jaya, Aditya Sasongko, menambahkan, pembangunan kembali Blok 1-2 Pasar Senen juga diselaraskan dengan perencanaan pembamgunan kawasan Senen oleh Pemprov DKI, termasuk dalam bidang transportasi. 

Untuk mempermudah akses masyarakat, antara Halte Busway Senen dengan Blok 1-2 Pasar Senen akan dihubungkan dengan sky bridge. Jembatan penyeberangan yang juga berfungsi sebagai tempat usaha tersebut juga akan dibangun untuk menghubungan Blok 1-2 Pasar Senen dengan Blok 3 Pasar Senen. 

Ia bahkan mengatakan, enam blok pasar di Pasar Senen akan dihubungkan satu sama lain dengan sky bridge. 

Ground breaking Blok 1-2 Pasar Senen ini dihadiri Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, camat dan lurah Senen, serta anggota Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Jakarta Pusat. (rhm)