Baru Satu Hari Dibuat Akun CyberTV Diblokir Facebook, Haikal Hassan Protes

Haikal Hassan Baras dan kru CyberTV menggelar jumpa pers, memprotes tindakan Facebook yang memblokir akun CyberTV. (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews- Founder CyberTV Ustad Haikal Hasan Baras memprotes tindakan Facebook karena memblokir akun televisinya tanpa penjelasan.

Pemblokiran akun bernama CyberTV_Indonesia itu baru diketahui pada Sabtu (24/1/2021). Padahal, pada 2 Februari 2021 CyberTV akan merilis tayangan perdana sebuah talk show bertajuk Indonesia Leaders Club (ILC) di semua platform media sosial dan semua yang berafiliasi dengan CyberTV, termasuk di Facebook.

"Untuk itu, manajemen CyberTV akan melakukan kunjungan ke kantor Facebook untuk meminta penjelasan dan klarifikasi, karena CyberTV belum tayang, tapi kok sudah diblokir?" kata Ustad yang akrab disapa Babe Haikal itu dalam konferensi pers di kantor CyberTV, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/1/2021).

Juru bicara (Jubir) Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandi pada perhelatan Pilpres 2019 itu tak ingin berspekulasi tentang alasan pemblokiran tersebut, namun ia tegas mengatakan bahwa CyberTV tidak berafiliasi dengan Parpol manapun, tidak berafiliasi dengan Ormas mana pun dan juga tidak berkolaborasi dengan kelompok manapun.

CyberTV, tegas Babe Haikal, adalah media independen yang sengaja dihadirkan dalam rangka menyatukan masyarakat yang saat ini terbelah, terkelompok-kelompokkan dan terkotak-kotak akibat persoalan politik di Tanah Air.

CyberTV, jelas Babe, memiliki mimpi akan melangsungkan rekonsiliasi nasional seluruh golongan agar kembali bersatu, sekaligus ingin mengedukasi masyarakat bahwa dalam iklim demokrasi, berbeda pilihan dan berbeda pendapat merupakan suatu hal yang wajar, dan tidak perlu menjadikan perbedaan tersebut sebagai pemicu permusuhan. Apalagi karena pada hakikatnya, perbedaan dapat diselesaikan secara musyawarah sesuai budaya bangsa Indonesia yang ber-Pancasila.

"Karena itu kita heran, kok akun kita diblokir Facebook!" tegas Babe.

Aktivis yang juga seorang agamis ini bahkan memastikan bahwa CyberTV bukan media berbasis Islam, dan tidak ada program ceramah.

"Tujuan CyberTV didirikan adalah untuk menyatukan masyarakat dan mendewasakan masyarakat dalam berpolitik!" tegas inisiator CyberTV ini.

Terpisah, CEO CyberTV Abdul Karim menjelaskan, akun CyberTV_Indonesia diblokir hanya satu hari setelah dibuat.

"Jadi, saya buat akun itu hari Jumat 23 Januari 2021, dan diblokir hari Sabtu 24 Januari 2021," katanya.

Ia membenarkan pernyataan Babe Haikal bahwa CyberTV merupakan media independen yang tidak berafiliasi dengan Parpol, Ormas atau kelompok manapun.

"Kita independen," tegasnya.

Saat tayang perdana pada 2 Februari 2021 di semua platform media sosial, yakni di YouTube dengan akun bernama CyberTV; di Twitter dengan nama CyberTV.id; di Instagram dengan nama CyaberTV.id; dan di semua yang berafiliasi dengan CyberTV, publik akan disuguhi program talk show bertajuk Indonesia Leaders Club (ILC) dengan judul "PR Baru Kapolri".

Talk show ini memghadirkan narasumber yang terdiri dari pengacara Farhat Abbas, Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin, Ketua Relawan Jokowi Mania Immanuel Ebenezer,  dan Ketua DPP Gerindra Vasco Ruseimy. (rhm)