Bamus Betawi Akan Canangkan Gerakan Sholat Jumat Berjamaah

Haji Lulung (kanan). (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews- Bamus Betawi di bawah pimpinan Abraham Lunggana agaknya akan menjelma tak hanya menjadi lembaga kebudayaan, namun juga lembaga yang memaksimalkan peran agama untuk mendorong terciptanya masyarakat yang agamis dan rukun. 

Pasalnya, setelah menggebrak dengan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah, Bamus Betawi juga membuat Gerakan Sholat Jumat Berjamaah. 

"Sebentar lagi kita akan mencanangkan Gerakan Sholat Jumat Berjamaah," kata Ketua Umum Bamus Betawi Abraham Lunggana usai kegiatan perdana Gerakan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid As Sa'adah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2019). 

Anggota Fraksi PAN DPR RI yang akrab disapa Haji Lulung itu menjelaskan, selama ini pendidikan agama kurang diupayakan oleh pemerintah, sehingga pada saat pelaksanaan shalat Jumat, Jakarta malah macet. Ini mengindikasikan kalau saat pelaksaan sholat wajib itu, banyak umat Islam yang tidak melaksanakannya. 

"Dengan pencanangan Gerakan Sholat Jumat Berjamaah, kita ingin mengajak umat Islam untuk tidak mengabaikan sholat Jumat. Kalau ada satu organisasi, dua organisasi sampai 50 organisasi melakukan Gerakan Sholat Jumat, hasilnya akan luar biasa, karena sholat bukan hanya kewajiban umat Islam, tapi juga dapat mencegah perbuatan keji dan munkar," katanya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, hari ini Bamus Betawi mengawali Gerakan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid As Sa'adah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dengan dihadiri 2.000 jamaah. 

Gerakan yang diinisiatori tokoh Betawi Munir Arsyad tersebut diresmikan Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (rhm)