Atlet-atlet Jakarta Siap Harumkan Indonesia di SEA Games

Fathrah Masum, atlet biliar DKI Jakarta. (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews- Para atlet Jakarta yang akan berlaga di 47 cabang olahraga di SEA Games XXX di Manila, Filipina, nampak bersemangat untuk segera mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa dan negaranya. 

Jumat (29/11/2019) siang tadi keberangkatan mereka dilepas Gubernur Anies Baswedan di Balairung Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. 

"Saya senang banget, nggak nyangkan akan terpilih dan dikirim ke Filipina," kata Jason Fitono, atlet Sambo. Dia merupakan satu dari sembilan atlet Sambo Indonesia yang dikirim ke SEA Games oleh pemerintah. 

Atlet jangkung berkulit putih ini mengaku kalau ia optimis dapat meraih medali, karena telah mempersiapkan fisik dan mental. 

"Kalau dikaji dari peta kekuatan, lawan berat saya atlet dari Vietnam dan tuan rumah, Filipina. Tapi saya optimis mampu menghadapi mereka," katanya. 

Kesiapan untuk bertanding juga disampaikan Fathrah Masum, atlet biliar; dan Ceyco Georgia, atlet karate. 

"Fisik saya sebenarnya sedang turun sedikit, tapi target satu emas di nomor tunggal dan satu perak di nomor double, bisalah kita kejar. Semangat lagi tinggi sekali," katanya. 

Fathrah mengakui, lawan terberatnya adalah atlet biliar Singapura. Ia bahkan telah tiga kali berhadapan dengannya, namun sekali lagi. 

"Tapi untuk di SEA Games ini saya punya strategi baru kalau nanti berhadapan lagi dengan dia, karena saya sudah mempelajari permainannya melalui You Tube. Jadi, jsudah tahu dimana kelebihan dan kekurangannya," kata dia. 

Ceyco Georgia, atlet karate

 

Pada SEA Games ke-30 ini, Jakarta mendapat jatah dua atlet biliar dari pemerintah pusat. Selain Fatrah, atlet biliar satunya adalah Edward. 

Ceyco mengatakan, di SEA Games ia akan turun di kelas 61 kilogram putri.  

"Ada 17 atlet karate dari Jakarta yang dikirim ke SEA Games, termasuk saya," kata gadis 20 tahun itu. 

Ceyco mengaku persiapan yang ia jalani untuk berlaga di SEA Games hanya enam bulan. 

"Tapi kita siap memberikan yang terbaik," katanya. 

 

Atlet yang pernah mengikuti kejuaraan karate di Jepang, Moskow dan Uzbekistan ini mengatakan, lawan terberatnya di SEA Games adalah karateka dari Vietnam. 

"Tapi kita optomis. Apalagi karena kita diberi target tiga emas," katanya. 

SEA Games ke-30 di Filipina diikuti 12 negara ASEAN, dan diselenggarakan pada 30 November - 11 Desember 2019.

Untuk memberi semangat kepada 174 atlet dan 161 official yang akan berjuang untuk mengharumkan nama bangsa dan negara tersebut, Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan uang saku sebesar Rp5 juta/orang. 

Bantuan itu diberikan Gubernur Anies Baswedan secara simbolik kepada perwakilan atlet dan official saat melepas keberangkatan mereka di Balaikota. (rhm)