Anies Terinfeksi Covid-19

Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Foto: Int)

Jakarta, Dekannews- Balaikota DKI Jakarta kian rawan penularan Covid-19.

Setelah merenggut nyawa Sekda Saefullah dan membuat Wagub Ahmad Riza Patria harus isolasi mandiri, kini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun dinyatakan positif terpapar virus asal China itu. 

Menurut siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Selasa (1/12/2020), Anies dinyatakan positif Covid-19 berdasar hasil tes swab (PCR) yang hasilnya keluar pada Selasa (1/12/2020) tadi. 

"Tes swab dilakukan Gubernur pada Senin (30/11/2020) siang  di Balaikota DKI Jakarta," kata siaran pers tersebut. 

Sebelumnya, pada 25 November 2020 Anies juga menjalani tes usap PCR rutin dan hasilnya negatif. 

Pada Minggu (29/11/2020), setelah Wagub Ariza dinyatakan positif Covid-19, Anies juga melakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif. 

Tes ini dilakukan karena beberapa hari sebelumnya, Anies intens bertemu Ariza untuk rapat berdua.

Dalam siaran pers tersebut juga disebutkan kalau meski positif Covid-19, kondisi Anies saat ini dalam keadaan baik dan tanpa gejala. 

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis. Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” kata Anies. 

Saat ini, Dinas Kesehatan dikabarkan sedang melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang dalam dua pekan terakhir melakukan kontak dengan Anies, termasuk keluarga dan staf di Balaikota. Terhadap mereka juga dilakukan tes swab. (rhm)