Amien Rais Silakan Massa 02 Hadiri Sidang di MK, Namun Dengan Damai

Amien Rais. (Foto: Twitter)

Jakarta, Dekannews- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyilakan pendukung pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi untuk menghadiri sidang perdana gugatan perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (14/6/2019).

Imbauan itu disampaikan Amien melalui video durasi 00:52 menit yang disebarkan melalui media sosial, Kamis (13/6/2019).

"Saudara-saudaraku, Jumat besok pagi MK akan menggelar sidang gugatan (yang diajukan) BPN (Prabowo-Sandi) karena ada semacam katakanlah kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif. Mari buktikan," katanya.

Amien pun lalu menyilakan pendukung 02 untuk menghadiri sidang tersebut, namun dengan damai, sehingga tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Datanglah, tapi jangan sampai ada kekerasan, jangan merusak apa pun, apalagi ... Naudzubillah ... Sampai bakar-bakar ban," katanya.

Mantan Ketua MPR itu mengingatkan bahwa masyarakat punya hak untuk menghadiri hak tersebut, dan berharap majelis hakim MK menangani perkara ini dengan menggunakan hati nurani.

"Datanglah, karena ini hak konstitusi kita, hak demokrasi kita semua. Mudah-mudahan yang jadi hakim MK menggunakan nurani," katanya.

Seperti diketahui, Jumat (14/6/2019) besok MK menggelar sidang perdana sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 yang diajukan pasangan 02 Prabowo-Sandi, dengan KPU sebagai pihak tergugat.

Gugatan diajukan karena 02 menilai telah terjadi kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM) untuk memenangkan pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Atas gugatan itu, KPU telah memberikan jawaban yang diserahkan ke MK pada Rabu (12/6/2019) kemarin. (rhm)