Amien Rais Bikin Partai Baru, Namanya Partai Ummat

Amien Rais. (Foto: Int)

Jakarta, Dekannews- Amien Rais resmi mengumumkan telah memiliki partai baru setelah pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu keluar dari partai yang didirikannya tersebut. 

Partai baru mantan Ketua MPR itu dinamai Partai Ummat, dan diumumkan melalui akun YouTube pribadinya, Amien Rais Official, Kamis (1/10/2020). 

"Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman. Partai Ummat juga akan bekerja dan berjuang berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan aturan demokrasi," kata Amien saat mengumumkan partai barunya itu. 

Amien juga menjelaskan bahwa Partai Ummat akan menggunakan semboyan "Lawan kezaliman dan tegakkan keadilan", dan asas dari partai tersebut adalah rahmatan lil alamin.

Semboyan dan asas tersebut, jelas Amien, akan membimbing aksi, kiprah, aktivitas, gerakan, dan pengorbanan dirinya dan sahabat-sahabatnya yang ikut mendukung pendirian Partai Ummat. 

"Pendek kata, lebih baik dari situasi dan kondisi kita saat ini," imbuh mantan ketua PP Muhammadiyah itu.

Seperti diketahui, Amien keluar dari PAN karena tak sejalan dengan kebijakan ketua umum partai yang didirikannya itu, yakni Zulkifli Hasan, yang membawa PAN merapat kepada pemerintahan Jokowi setelah terpilih sebagai ketua umum PAN untuk periode kedua pada Februari 2020 lalu. 

Amien menolak bergabung dengan pemerintah karena menilai pemerintahan Jokowi zalim kepada rakyatnya, terutama kepada umat Islam, dan dikendalikan oligarki.

Dalam berbagai kesempatan, Amien bahkan tak segak-segan mengkritik pemerintahan Jokowi, dan bahkan mengabadikan kritik-kritiiknya dalam sebuah buku berjudul 'Risalah Kebangsaan: Pilihan untuk Pak Jokowi, Mundur atau Terus' yang dilaunching pada 25 September 2020 lalu. (rhm)