70 Anggota Parlemen Inggris Desak Assenge Diekstradisi ke Swedia

Julian Assange. (Foto: Reuters)


London, Dekannews- Lebih dari 70 anggota parlemen Inggris pada Jumat (12/4/2019) malam waktu setempat menandatangani surat yang mendesak Menteri Dalam Negeri untuk memastikan bahwa salah satu pendiri WikiLeaks, Julian Assange, diekstradisi ke Swedia jika kasus pelecehan seksualnya dibuka kembali.

Sebagian besar anggota parlemen yang tanda tangan berasal dari Partai Buruh.

"Kami tidak menuduh dia bersalah, tetapi kami percaya proses yang wajar harus dijalani dan pelapor harus mendapatkan keadilan," demikian antara lain isi surat itu seperti dilansir Aljazeera, Minggu (14/4/2019).

Assenge, aktivis asal Australia berusia 47 tahun, ditangkap polisi Inggris pada Kamis (11/4/2019), dan secara paksa dipindahkan dari kedutaan Ekuador di London setelah suaka yang didapatnya sejak 2012 darui kedutaan itu, dicabut.

Assange meminta suaka kepada kedutaan Ekuador agar tidak diekstradisi ke Swedia dan diadili di sana, karena saat itu dirinya didakwa telah melakukan pemerkosaa. Swedia menghentikan penyidikan kasus itu pada 2017 karena Assenge berada di Kedutaan Ekuador, dan gedung itu berada di jangkauan wilayah hukumnya.

Pada Jumat, setelah Assenge ditangkap, kejaksaan Swedia mengatakan bahwa mereka telah membuka kembali kasus itu atas permintaan pengacara korban.

Sekretaris British Shadow Home, Diane Abbott, mengatakan, Assenge harus diadili jika korban kembali menuntut.

"Jika pemerintah Swedia ingin mengajukan dakwaan itu, saya percaya bahwa Assange harus menghadapi sistem peradilan pidana," kata Abbott.

Meski demikian ia mengakui, tuduhan terhadap Assenge sebenarnya bukan semata-mata karena kasus pemerkosaan, namun karena karena data kegiatan militer Amerika yang pernah diungkap WikiLeaksm yang membuat Amerika malu.

"Kita semua tahu kasus ini tentang apa. Ini bukan tuduhan serius tentang pemerkosaan, melainkan tentang WikiLeaks. Semua informasi memalukan tentang kegiatan militer Amerika yang diumumkan WikiLeaks kepada publik, dan hanya itu masalahnya," kata dia.

Langkah anggota parlemen Inggris untuk mendorong ekstradisi Assange ke Swedia terjadi beberapa jam setelah Partai Buruh meminta pemerintah untuk menghentikan ekstradisi Assenge ke Amerika Serikat, di mana ia didakwa melakukan pelanggaran terkait pekerjaannya dengan Chelsea Manning. (man)