59 Pengusaha Ikuti Gelar Produk IKM Jakarta Utara

Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo. (Foto: eko/Dekan)

Jakarta Dekannews- Gelar Industri Kecil dan menengah (IKM) di Plaza Barat Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (28/7/2019), diikuti oleh 59 IKM kreatif binaan Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta. 

Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo,  mengatakan, acara ini merupakan kali kedua atau yang terakhir dilaksanakan di kantor Walikota Jakarta Utara pada 2019 ini. 

Ia berharap Gelar Produk IKM Kreatif dapat membantu para pelaku IKM dalam memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan pendapatan.  

"Dari event di tiap-tiap kantor walikota nantinya kita tingkatkan ke tingkat provinsi. Jika industri yang kita tampilkan sudah maju dan produknya sudah berkualitas, baik dari segi kerapihan, kesehatan, rasa dan keindahannya, maka tidak menutup kemugkinan akan terjadi transaksi yang dapat meningkatkan omset," kata Ratu Rante Allo

Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menilai, Gelar Produk IKM ini sangat bagus guna memamerkan dan memasarkan hasil produksi pelaku IKM, dan ia mengimbau kepada ASN di lingkungan Pemkot Jakarta Utara dari tingkat kota hingga kecamatan, untuk membeli produk yang diperdagangkan dalam acara ini. 

"Imbauan ini terus kami sampaikan, baik secara langsung maupun melalui media sosial,  agar mendukung kesuksesan para pelaku usaha binaan yang telah berusaha menuangkan ide kreatifnya menjadi sebuah produk laik jual. Ternyata hasilnya memuaskan, baik dari segi rasanya, keindahan, gak kalah dari produk-produk di tempat lain. Bahkan lebih enak rasanya," imbuh Ali. 

Gelar Produk IKM Kreatif Tahun 2019, menurut dia, merupakan salah satu bukti nyata dari pelaksanaan program Pemprov DKI Jakarta dalam penyediaan bantuan fasilitas pengenalan produk (promosi) IKM, mekanisme pemasaran, termasuk pengembangan jaringan. Serta mendorong pencapaian target pemasaran yang merupakan bagian dari kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu.

“Gelaran seperti ini salah satu ajang bagi kita untuk mempromisikan produk-produk kreatif, khususnya untuk industri kecil dan menengah di Jakarta Utara. Mudah-mudahan ini bisa mendapat apresisasi yang baik terutama dalam hal pemasarannya," jelasnya.

Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Utara, R Agus Muliadi, merasa senang IKM binaannya mampu memamerkan hasil produksinya yang tak kalah dari produksi lainnya. 

"Ini karena pada pelatihan,  pelaku IKM dapat mencerna dan mempraktikan secara benar, karena instruktur yang kami siapkan adalah instruktur dan chef-chef ternama," katanya. 

Salah satu dari 59 peserta Gelar Produk IKM adalah Bowo,  pengusaha Mie Ayam Pelangi MPIT.  Produknya unik karena mi yang dijual berwarna-warni. 

"Kami buat berwarna pelangi dengan ramuan dari sawi, buah naga, wortel," katanya. 

Warga Koja, Jakarta Utara, ini mengaku produknya sangat diminati, sehingga memiliki banyak pembeli. 

"Ini semua karena arahan dan pembinaan dari Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Utara," bebernya dengan bangga. (eko)