2 Pekan Sampah Terbakar, PT KAI dan Duta Anggada Diminta Segera Padamkan

Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meninjau lahan pembuangan sampah yang terbakar sejak dua pekan lalu. (Foto: eko/Dekan)

Jakarta, Dekannews- Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Duta Anggada Reality Tbk memadamkan api yang membakar sampah di sebuah lahan di wilayah Kampung Bandan Kelurahan Ancol,  Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. 

Pasalnya, sampah di lahan itu sudah terbakar selama dua pekan, dan sampai hari ini api masih menyala di beberapa titik meski dalam skala kecil, karena kebakaran menyisakan banyak bara api.  

PT KAI adalah pemilik lahan tersebut, sementara PT Duta Anggada merupakan penyewanya. 

Lahan itu merupakan tempat pembuangan sampah dan puing-puing bangunan. Tinggi tumpukan puing bahkan mencapai 2 meter. 

"PT KAI dan PT Duta Anggada Reality memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk memadamkan bara api di lahan ini. Pemadaman harus disegerakan karena asap yang ditimbulkan dapat menyebabkan polusi udara,” tutur Ali saat ditemui di lokasi, Rabu (18/9/2019).

Ia menyarankan agar KAI dan Duta Anggada berkoordinasi dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, karena lahan yang terbakar cukup luas dan lokasi bara sulit dijangkau. 

Ali juga menyarankan agar KAI dan Duta Anggada berkoordinasi dengan lurah, camat, dan Pemkota Jakut dan TNI-Polri. 

"Pemadaman harus, meski waktu yang dibutuhkan mungkin hingga seminggu atau sebulan," tegasnya.

Deputi Eksecutive Vice President Daop 1 Jakarta PT KAI, Junaedi Nasution, mengaku akan berkoordinasi dengan PT Duta Anggada Reality untuk memadamkan lahan. 

"Tadi kami sudah berkoordinasi dengan penjaga lahan ini agar perusahaan itu segera memadamkan api. Jadi, bukan kami (PT KAI) yang melaksanakannya," tegas dia.

Belum diketahui apa penyebab terbakarnya sampah yang berada di bawah tumpukan puing-puing itu, namun diketahui kalau api berkobar sejak dua pekan lalu. (eko)