1,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Air

Vaksin Covid-19. (Foto: int)

Jakarta, Dekannews- Presiden Jokowi mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech Ltd telah tiba di Tanah Air. 

Vaksin itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu (6/12/2020) pukul 21:25 WIB dengan diangkut pesawat jenis Boeing 777-300ER milik PT Garuda Indonesia Airlines. 

Dari video yang dirilis di Youtube Sekretariat Presiden, diketahui kalau vaksin sebanyak 1,2 juta dosis tersebut diangkut dengan kontainer khusus bertuliskan ENVIROTAINER berkode RAP81179PC. 

"Saya ingin menyampaikan satu kabar baik. Hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta doss vaksin Covid. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung dari Agustus lalu," kata Jokowi dalam siaran pers malam, Minggu (6/12/2020) malam. 

Ia menambahkan bahwa bulan ini juga akan tiba 1,5 juta dosis vaksin Covid-19 lagi, sementara pada Januari 2021 akan tiba 30 juta dosis vaksin yang masih dalam bentuk curah dan akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma. 

"Saat ini kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis yang akan tiba awal Januari 2021," imbuhnya. 

Meski demikian Jokowi mengatakan pemerintah belum dapat memastikan kapan vaksinasi Covid-19 secara massal dilakukan, karena masih perlu kordinasi lebih lanjut dengan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). 

Selain hal tersebut, jelas Jokowi, untuk melakukan vaksinasi massal, prosedur harus dilalui dengan baik agar keselamatan masyarakat terjamin dan vaksinasi dapat berjalan efektif. Apalagi karena untuk mendistribusikan vaksin itu ke daerah dibutuhkan peralatan pendukung, SDM dan tata kelola yang baik. 

"Kita pastikan, setelah diputuskan (vaksinasi) dimulai, semuanya telah siap," katanya. 

Jokowi berpesan, meski vaksin telah ada, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap melakukan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. (rhm)