108 Tahun Alm Yap Thiam Hien SH, Antara Benci dan Cinta Di Dunia Hukum

Adian Radiatus, Pengamat Sosial Politik

ALMARHUM Yap Thiam Hien masih menjadi simbol idealisme dunia Hukum khususnya di kalangan Pengacara atau Lawyer. Terbukti dari beberapa pandangan dan kesaksian terkait sepak terjang YTH selama berlanglang buana di medan penegakan Keadilan dan hak azazi manusia.

Peringatan yang digagas oleh Eddie Kusuma ini bersama Lieus Sungkharisma didukung baik oleh mantan aktivis Malari Dr Hariman Siregar menjadi penyelenggara bersama wakil keluarga yaitu Yap Hong Gie, dalam acara peringatan 108 tahun Yap Thiam Hien secara terbatas.

Dihadiri beberapa saksi hidup perjalanan perjuangan almarhum yang berlangsung penuh inspirasi bagi generasi penerus. Tidak semata soal hukum tapi juga tentang dedikasi, integritas dan keberanian membela hak azasi seseorang dalam mencari keadilan.

Aktivis HAM Hendradi mengutip prinsip YTH ketika seorang klien mencarinya, kalau mau mencari kemenangan jangan dengannya tapi kalau menyampaikan kebenaran boleh bersamanya. Tak heran beliau dijuluki Macan dipanggung Hukum.

Tak ada keraguan sedikit pun bahkan misalnya kritik atas kerasnya sikap Yap Thiam Hien dalam membela kebenaran yang diyakininya.  Para pengacara sekaligus aktivis di masa itu memperoleh banyak inspirasi keberanian membela kebenaran dalam peradilan dan hak azasi manusia yang melekat pada setiap klien yang diurusnya.

Bagaimanapun sejatinya adalah peringatan 108 tahun Yap Thiam Hien ini bukanlah ajang untuk penokohan menurut Yap Hong Gie, melainkan sebagai suri teladan generasi penerus yang berkiprah di dunia peradilan dan hak azasi manusia untuk tetap konsisten menjaga integritas prinsip kebenaran di zaman yang tengah tidak 'normal' ini.

Memang sangatlah sulit bilamana hak paling mendasar manusia sudah tidak lagi terjaga oleh benteng kebenaran dan keadilan sebagaimana yang diperjuangan almarhum Yap Thiam Hien dimasanya dalam pusaran antara benci dan cinta dunia hukum seakan tak berkesudahan...

: Adian Radiatus, Pengamat Sosial Politik